Muhammad Maliki
Departemen Ilmu Komputer
Departemen Ilmu Komputer
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut
Pertanian Bogor
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 September 2014 – Januari 2015
Departement of Family and Consumer Sciences, College of
Human
Ecology Bogor Agricultural University IPB
Dosen:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS
Text Book:
Ujang Sumarwan. 2011. Perilakku Konsumen: Teori dan
Penerapannya dalam Pemasaran> Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT. Ghalia
Indonesia
Catatan Kuliah
Pertama
Perilaku Konsumen itu Mata Kuliah tentang apa sih ? Pertama-tama,
mari kita ketahui hal-hal yang berkaitan dengan kata “Konsumen “ itu apa aja sih ?
“Jual Beli ?”, Ya ya ! “Konsumsi ?”, Ya ! “Uang ?” Ya ! “Makhluk
Sosial ?”, Ya ya bisa jadi ! Hush ini bukan acara TV :p
Yap banyak sekali kata untuk mengambarkan tentang Konsumen,
karena setiap manusia bahkan seluruh makhluk hidup sekalipun tak lepas dari
titel “Konsumen”. Lalu sekarang apa yang dimaksud dengan Perilaku Konsumen ?
“ Ya perilaku si konsumennya lah bro”. Hoho, ya tepat sekali.
Sebelum membeli dan menggunakan sesuatu, kita tentu mempertimbangkan berbagai hal
terlebih dahulu. Contohnya nih, saat membeli smartphone, pasti kita
mempertimbangkan harga terlebih dahulu kan ? Ga mungkin kan budget kita Cuma 2
juta lalu mau membeli smartphone yang harganya 7 juta ? Ya kecuali mau cari
pinjeman uang atau kredit sih hehe. Selain harga, mungkin ada sebagian dari
kita yang mempertimbangkan mere, spesifikasi, dan lain sebagainya. Ya pokoknya yang
sesuai selera sorangan wae lah nya’,
kalau bahasa gaulnya sih, “suka-suka gue
dong... ”. Nah begitu juga ketika kita ingin membeli atau menggunakan hal yang lain, pasti maunya yang sesuai selera
masing-masing, tak terkecuali dalam memilih pasangan hidup heuheu... #plak, Out
Of Topic
Oke kembali ke topik, nah dari semua yang saya bahas di
atas, menurut kacamata saya sih, jadi Mata Kuliah Perilaku Konsumen ini mempelajari
tentang selera masing-masing, mayoritas, atau bahkan seluruh konsumen. Cocok
sekali bagi mahasiswa yang ingin membuka
wirausaha, menjalankan bisnis, atau
sebagai konsultan bisnis amatir kalau seandainya ada teman atau kerabat yang meminta
pendapat.
Di ruangan saya, pertemuan pertama Mata Kuliah Perilaku Konsumen diajar oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc. Beliau adalah salah
seorang dosen dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen. Pada pertemuan
pertama ini Beliau menjelaskan pendahuluan tentang Perilaku Konsumen. Kurangnya
seperti yang saya jelaskan di awal tadi, sedangkan lebihnya ada di slide
hehe...
Sekian catatan kuliah pertama saya, semoga dengan mengikuti Mata Kuliah ini mendapat ilmu yang dapat bermanfaat di kemudian hari. Amiin.
0 komentar:
Posting Komentar