Pages

Kamis, 11 September 2014

Perilaku Konsumen: Catatan Kuliah Pertama

Muhammad Maliki
Departemen Ilmu Komputer
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor



Kuliah Perilaku Konsumen IKK233  September 2014 – Januari 2015
Departement of Family and Consumer Sciences, College of Human
Ecology Bogor Agricultural University IPB

Dosen:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS

Text Book:
Ujang Sumarwan. 2011. Perilakku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran> Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia


Catatan Kuliah Pertama

Perilaku Konsumen itu Mata Kuliah tentang apa sih ? Pertama-tama, mari kita ketahui hal-hal yang berkaitan dengan kata  “Konsumen “ itu apa aja sih ?  

“Jual Beli ?”, Ya ya ! “Konsumsi ?”, Ya ! “Uang ?” Ya ! “Makhluk Sosial ?”, Ya ya bisa jadi ! Hush ini bukan acara TV :p

Yap banyak sekali kata untuk mengambarkan tentang Konsumen, karena setiap manusia bahkan seluruh makhluk hidup sekalipun tak lepas dari titel “Konsumen”. Lalu sekarang apa yang dimaksud dengan Perilaku Konsumen ?  

“ Ya perilaku si konsumennya lah bro”. Hoho, ya tepat sekali. Sebelum membeli dan menggunakan sesuatu, kita tentu mempertimbangkan berbagai hal terlebih dahulu. Contohnya nih, saat membeli smartphone, pasti kita mempertimbangkan harga terlebih dahulu kan ? Ga mungkin kan budget kita Cuma 2 juta lalu mau membeli smartphone yang harganya 7 juta ? Ya kecuali mau cari pinjeman uang atau kredit sih hehe. Selain harga, mungkin ada sebagian dari kita yang mempertimbangkan mere, spesifikasi, dan lain sebagainya. Ya pokoknya yang sesuai selera sorangan wae lah nya’, kalau bahasa gaulnya sih, “suka-suka gue dong... ”. Nah begitu juga ketika kita ingin membeli atau menggunakan hal  yang lain, pasti maunya yang sesuai selera masing-masing, tak terkecuali dalam memilih pasangan hidup heuheu... #plak, Out Of Topic

Oke kembali ke topik, nah dari semua yang saya bahas di atas, menurut kacamata saya sih, jadi Mata Kuliah Perilaku Konsumen ini mempelajari tentang selera masing-masing, mayoritas, atau bahkan seluruh konsumen. Cocok sekali bagi mahasiswa  yang ingin membuka wirausaha,  menjalankan bisnis, atau sebagai konsultan bisnis amatir kalau seandainya ada teman atau kerabat yang meminta pendapat.

Di ruangan saya, pertemuan pertama Mata Kuliah Perilaku Konsumen diajar oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc. Beliau adalah salah seorang dosen dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen. Pada pertemuan pertama ini Beliau menjelaskan pendahuluan tentang Perilaku Konsumen. Kurangnya seperti yang saya jelaskan di awal tadi, sedangkan lebihnya ada di slide hehe...

Sekian catatan kuliah pertama saya, semoga dengan mengikuti Mata Kuliah ini mendapat ilmu yang dapat bermanfaat di kemudian hari. Amiin.

0 komentar:

Posting Komentar